Kehamilan: Tips Dan Fakta Yang Perlu Bunda Ketahui

  • Whatsapp
kehamilan
kehamilan

Kehamilan– Apakah sedang menghadapi kehamilan pertama, kedua, ketiga ataupun kelima Anda, Anda ingin tahu segalanya yang perlu diketahui tentang melewati sembilan bulan yang sangat panjang ini. Anda memiliki banyak kekhawatiran, dan Anda ingin tahu tentang setiap hal yang terjadi. Dengan artikel ini, Anda bisa mendapatkan tips yang Anda butuhkan untuk mencapai trimester ketiga dan kelahiran bayi baru Anda dengan nyaman.

Gunakan bak mandi air dingin untuk kaki yang bengkak. Salah satu gejala kehamilan yang sangat umum adalah kaki dan pergelangan kaki bengkak, terutama saat panas. Mandi air dingin dapat mengurangi aliran darah ke kaki Anda, yang pada akhirnya akan mengurangi peradangan. Ini juga mendinginkan Anda dan memberi Anda alasan untuk tidak beraktivitas selama beberapa menit.

Mendengarkan Bahasa Tubuh Anda Saat Kehamilan

Mendengarkan tubuh Anda hampir sama pentingnya dengan mendengarkan dokter Anda. Mendorong diri sendiri terlalu keras selama kehamilan berarti meminta terlalu banyak dari tubuh Anda dan tidak adil terhadap bayi Anda. Bos, suami, mertua atau siapa pun yang mungkin menuntut sumber daya Anda perlu duduk di kursi belakang sehingga Anda dapat menjaga diri sendiri dan bayi Anda.

Saat Anda hamil dan pergi ke OBGYN, Anda akan mendapatkan vitamin prenatal. Anda harus mengonsumsi vitamin Anda setiap hari. Ini memberi Anda vitamin esensial yang dibutuhkan janin yang sedang tumbuh yang mungkin tidak Anda dapatkan dari makanan Anda.

Jangan khawatir jika Anda belum kehamilan di tahun pertama mencoba. Konsensus umum di antara para dokter adalah bahwa diperlukan waktu satu tahun untuk mencoba hamil secara aktif sebelum ada alasan yang mengkhawatirkan. Jika Anda telah mencoba selama setahun tanpa hasil, temui dokter Anda untuk evaluasi.

Konsumsi Suplement Yang Banyak Mengandung Zat Besi Sesuai Petunjuk Dokter Kandungan

Ambil pil zat besi Anda. Banyak wanita hamil akan mengalami anemia di beberapa titik selama kehamilan mereka. Tubuh Anda membutuhkan banyak cadangan zat besi untuk kelahiran dan setelah Anda menyusui. Tanyakan kepada dokter Anda sejak dini tentang mengonsumsi suplemen zat besi untuk menjaga level Anda tetap tinggi dan mencegah anemia sejak awal.

Yoga

Yoga adalah cara yang bagus untuk mempersiapkan persalinan. Bentuk olahraga ini membantu mual di pagi hari dan meredakan ketidaknyamanan yang disebabkan oleh sakit punggung. Peregangan yang digunakan dalam yoga membantu mengolah otot yang digunakan untuk melahirkan. Kebanyakan wanita hamil merasa bahwa mereka tidak terlalu merasakan sakit dan nyeri serta lebih banyak energi saat berlatih yoga selama kehamilan.

Tuliskan rencana kelahiran Anda dan pastikan dokter serta pelatih persalinan Anda memiliki salinannya. Buat daftar jenis obat yang ingin Anda konsumsi dan dalam keadaan apa Anda ingin beralih ke metode persalinan yang berbeda. Tentu saja, rencana persalinan Anda hanyalah sebuah rencana dan jika ada hal-hal yang perlu diubah demi keselamatan persalinan Anda, jangan khawatir dan lakukan saja.

Ubah kebiasaan makan Anda sehingga Anda menghilangkan beberapa junk food dan fast food dari pola makan Anda. Saat Anda hamil Anda akan menjadi lebih lelah dari biasanya, karena makanan ini hanya akan membuat Anda semakin lesu. Jangan menyerah pada godaan jika Anda ingin merasa hebat.

Nutrisi Tepat Selama Kehamilan

Untuk menemukan nutrisi terbaik untuk Anda dan bayi Anda selama kehamilan, jadilah pembaca label. Ada banyak bahan kimia dan bahan tambahan yang mungkin bukan yang terbaik untuk bayi Anda yang sedang tumbuh dan membaca label adalah cara untuk menjauhkannya dari makanan Anda. Hanya perlu satu menit untuk melindungi bayi Anda.

Hentikan Penggunaan Kontrasepsi

Hentikan penggunaan kontrasepsi apa pun begitu Anda mengetahui bahwa Anda hamil. Jika gagal mencegah kehamilan Anda, Anda tidak ingin melanjutkannya saat Anda hamil. Ini memiliki banyak efek kesehatan negatif pada bayi dan semakin cepat Anda berhenti, semakin besar kemungkinan bayi akan baik-baik saja.

Jangan Mengonsumsi Minuman Beralkohol Saat Anda Sedang Hamil

Jangan mengonsumsi alkohol apa pun saat Anda sedang kehamilan. Ketika seorang wanita yang sedang hamil minum, alkohol akan masuk melalui plasenta ke tempat bayi berada. Penting bagi wanita yang sedang hamil atau sedang merencanakan kehamilan untuk menahan diri dari minum alkohol. Minum alkohol saat hamil meningkatkan kemungkinan cacat lahir mental dan fisik serta meningkatkan risiko keguguran dan kelahiran prematur.

Kunjungi Dokter Gigi

Kunjungi dokter gigi sebelum Anda hamil. Penelitian telah menunjukkan bahwa penyakit periodontal dapat menyebabkan peradangan; peradangan ini berpotensi mempengaruhi apakah Anda mengalami preeklamsia atau tidak. Preeklamsia dapat menimbulkan konsekuensi serius bagi kesehatan Anda dan anak Anda, jadi penting untuk melakukan segala cara untuk memperbaiki gigi sebelum pembuahan.

Cek Perkembangan Kehamilan

Untuk mengingat waktu spesial dalam hidup bunda, pertimbangkan untuk mengambil foto perut Anda setiap minggu atau bulan. Anda akan takjub melihat betapa banyak perubahan tubuh Anda dari minggu ke minggu, terutama pada trimester terakhir. Anda akan menikmati melihat foto-foto bayi pertama ini bertahun-tahun dari sekarang, saat kehamilan Anda tinggal kenangan.

Terapkan Pola Makan Sehat Selama Kehamilan

Pola makan yang sehat selama kehamilan mencakup makanan yang mengandung nutrisi untuk membantu bayi Anda memulai dengan baik. Sertakan berbagai makanan yang memberikan serat, vitamin dan mineral yang akan membantu bayi Anda berkembang dengan baik. Singkirkan makanan cepat saji kosong bergizi yang menghabiskan asupan kalori harian Anda tanpa bermanfaat bagi bayi Anda.

Bicarakan dengan dokter Anda sebelum memulai rutinitas olahraga apa pun selama kehamilan. Mungkin ada aktivitas tertentu yang tidak boleh Anda lakukan atau beberapa batasan yang mereka ingin berikan pada seberapa banyak Anda melakukannya. Tuliskan rencana tentang apa yang ingin Anda lakukan dan bicarakan dengan dokter Anda pada janji temu berikutnya.

Sebelum Anda hamil, pastikan Anda sudah mendapatkan vaksinasi terbaru. Penyakit yang paling penting untuk divaksinasi adalah Rubella dan Varicella. Penyakit masa kanak-kanak ini bisa berbahaya bagi janin Anda. Bahkan jika Anda merasa telah divaksinasi tetapi tidak yakin, lebih baik aman daripada menyesal.

Jika Anda ingin lebih waspada selama kehamilan, Anda harus memiliki informasi yang dapat memberikan petunjuk yang dibutuhkan. Tentu ini bukan ilmu roket, tetapi setiap langkah kehamilan dapat menimbulkan kecemasan dan kekhawatiran baru, yang dapat Anda gunakan tip ini untuk menenangkan banyak hal.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *